Tuesday, July 21, 2020

38 Kedahsyatan Angin Topan






Kisah Nyata Penyelamatan Buddha Amitabha
38. Kedahsyatan Angin Topan

Tahun 2007 bersama suamiku, Zhang Ting-jia, kami bermigrasi dan menetap di Vancouver, British Columbia, Kanada. Ketika berada di Taiwan, kami telah mendalami Ajaran Sukhavati, beberapa tahun terakhir ini, kami mulai bervegetarian, dalam menjalani kehidupan keseharian selalu mengandalkan pengaturan dan perlindungan dari Buddha Amitabha.

Ting-jia selalu sibuk dengan pekerjaannya, harus sering bepergian berjumpa dengan konsumen-nya, setiap kali sebelum mengemudi mobilnya keluar, dia akan berdoa terlebih dulu memohon keselamatan pada Buddha Amitabha, agar segalanya berjalan dengan lancar.

Pada tanggal 29 Agustus 2015, dini hari Ting-jia telah mengendarai mobilnya keluar, seperti biasanya sebelum bepergian, terlebih dulu dia akan memanjatkan doa di hadapan rupang Buddha Amitabha, sambil menjelaskan tujuan perjalanannya, memohon perlindungan dari Buddha Amitabha. Barulah kemudian dia mengemudikan mobilnya keluar rumah, sementara saya tetap berdiam di rumah menyelesaikan tugas-tugasku.

Baru saja melewati siang hari, saya menerima telepon dari Ting-jia, katanya dia akan segera kembali ke rumah. Saya sangat terkejut, menanyakan padanya apa yang telah terjadi, oleh karena saat berangkat tadi pagi, dia bilang pukul 6 sore baru bisa pulang ke rumah.

Terdengar nada suaranya di telepon begitu panik berkata : “Di mana-mana berhembus angin kencang, saya baru saja kembali ke Vancouver dari Surrey, tadi di Highway One (jalan bebas hambatan) ada pohon besar tumbang sekaligus tercabut sampai ke akar-akarnya, lalu lintas jadi terganggu, kendaraan hanya bisa melintas dengan kecepatan yang sangat lamban, akhirnya sekarang baru tiba di jantung Kota Vancouver.”

Setelah mendengarnya saya jadi tertegun. Pohon besar tumbang bersama akarnya? British Columbia selalu dikenal karena produksi hutannya, pohon besar di sini sangat kuat dan kokoh, pohon yang tumbuh di perkotaan saja dapat dipeluk oleh satu orang, andaikata pohon begini bisa tumbang sekaligus dengan akarnya, bisa dibayangkan seberapa dahsyatnya angin kencang hari ini?

“Sungguh mengerikan, apakah sepanjang perjalanan, kamu aman-aman saja?”, pada saat ini barulah dia menceritakan dua kejadian tragis yang baru dialaminya.

Yang pertama, ketika mobilnya baru memasuki Kota Surrey, sepanjang jalan tampak pohon-pohon bertumbangan, jalanan dipenuhi daun dan ranting pohon, menyadari hari ini bertiup angin kencang, kemudian dia memarkirkan mobilnya ke sisi jalan, sambil membuka pintu mobil sambil melafal Amituofo di dalam hati.

Baru saja turun dari mobil, dia mendengar suara jeritan, ternyata ada seorang wanita bule yang juga hendak turun dari mobil, tetapi begitu pintunya dibuka langsung terpental kembali diterpa angin, padahal salah satu kakinya sudah sempat dikeluarkan dari mobil, alhasil kini kakinya terjepit oleh pintu mobil, dalam sekejab darah mengalir keluar, wanita ini mengalami luka parah.

Dapat dibayangkan dahsyatnya kekuatan angin, Ting-jia dapat turun dari mobil dengan selamat berkat melafal Amituofo.

Suami wanita itu segera menjerit minta tolong dan menelepon 911, Ting-jia melihat mereka telah menghubungi 911, tidak butuh bantuannya lagi, makanya beranjak pergi dan meneruskan perjalanannya. Saat itu dia merasakan beratnya laju mobil, kekuatan angin begitu kuat, seakan-akan dapat menerbangkan mobil ke udara.

Kejadian kedua, ketika Ting-jia tiba di tujuan dan menghubungi pelanggan-nya, barulah mengetahui ternyata si pelanggan belum sempat keluar rumah : “Hari ini Vancouver dilanda bencana angin, terlampau berbahaya, saya tidak jadi keluar rumah!”

Mendengar jawaban dari pelanggan-nya, akhirnya dia kembali ke mobilnya, menempuh perjalanan pulang. Dalam perjalanan pulang, dia baru saja melewati Highway One, melihat ada pohon besar yang tumbang, melihat kendaraan di depannya mulai melaju lambat, dia pun ikut memperlambat laju mobilnya.

Tiba-tiba dia melihat ada sebuah mobil yang hendak memutar balik, Ting-jia segera menginjak pedal rem, siapa yang menduga mobil ini baru saja memutar balik dan berada di depan mobil Ting-jia, mendadak sebatang dahan pohon melayang jatuh, tepat mengenai dan menghancurkan kaca pintu kanan depan mobil, tertancap ke dalam mobil, situasinya sangat membahayakan.

Saat itu andaikata ada penumpang yang duduk di bangku kanan depan, kalau tidak tewas pasti terluka parah, untunglah tidak ada penumpangnya. Saat itu pengemudi segera menyalakan lampu samping sambil menghentikan mobilnya ke tepi jalan, menunggu datangnya bantuan.

Andaikata tadinya mobil ini tidak mengambil jalan memutar balik, maka yang dihantam oleh dahan pohon tersebut adalah mobil Tingjia.

Pada hari naas itu banyak sekali terjadi kecelakaan lalu lintas, jika kemalangan terjadi di Highway, entah harus menanti berapa lama barulah mobil derek tiba di lokasi, apalagi waktu itu angin begitu kencang dan dahsyat, meskipun mobil berhenti dan menunggu di sisi jalan, namun setiap saat bahaya tetap mengintai.

Setelah mendengar penuturan dari Tingjia, saya sangat tercengang, segera melafal Amituofo, berterima kasih pada pemberkatan Buddha.

Ketika Tingjia tiba di rumah dengan selamat, setelah mendengar pemberitaan di siaran televisi barulah tahu bahwa hari itu telah terjadi bencana angin yang parah di Vancouver, lokasi yang ditujunya yakni Kota Surrey, merupakan salah satu wilayah yang mengalami kerusakan paling parah.

Angin topan kali ini telah menyebabkan pemadaman listrik di hampir 700 ribu rumah tangga di seluruh Vancouver dan Pulau Vancouver, banyak pohon besar tumbang sekaligus tercabut dengan akar-akarnya, rumah-rumah dan kendaraan hancur, korban yang mengalami luka karena tertimpa pohon di jalanan, wilayah yang terdampak bencana mengalami kerusakan parah.

Highway One merupakan jalan bebas hambatan yang sering dilewati oleh Tingjia, pada hari naas tersebut dia harus mengemudi di jalanan tersebut selama satu setengah jam lamanya, selama di perjalanan, dia tidak mengalami musibah apapun, tiba di rumah dalam kondisi selamat, sungguh merupakan perlindungan dari Buddha Amitabha.

Pada hari kejadian, ketika Tingjia sedang mengemudi menempuh perjalanan pulang, mendadak lampu darurat di panel kemudi menyala, itu adalah tanda adanya masalah di ban mobil, tetapi Tingjia tidak merasa ada kelainan saat mengemudi, makanya dia tidak berhenti dan terus melajukan mobilnya hingga sampai ke rumah.

Esok paginya mobil dikirim ke bengkel untuk diperiksa, tidak ada masalah. Beberapa hari kemudian lampu darurat di panel kemudi kembali menyala, mobil dikirim lagi ke bengkel, barulah ditemukan ban kanan depan telah berlubang, tekanan udara di ban telah berkurang 20 pound.

Dalam kondisi begini, masih dapat mengemudi di sepanjang jalan bebas hambatan dengan selamat tiba di rumah, sungguh merupakan sebuah keajaiban.

Disampaikan secara lisan oleh : Zhang Tingjia
Ditulis oleh : Upasika Jingyi
Tanggal : 4 Oktober 2015




飓风吹不动弥陀保平安

同修张庭嘉与我,于2007年开始正式定居于加拿大卑诗省温哥华。因为我们在台湾即亲近台北信义区净土宗文教基金会,了解到善导大师的净土思想,知道我们往生有分,心能得安,故晚课一向念佛发愿往生西方极乐世界。近年开始茹素,生活全都倚靠仰仗阿弥陀佛安排、保佑。

庭嘉于温哥华平日工作忙碌,经常要外出会见客户,每回外出之前,必定于车中默祷,祈求阿弥陀佛保佑行车平安,一切顺利。

2015年8月29日,庭嘉一早开车出门,按往常习惯于开车之前,对阿弥陀佛默祷,并且将此行目的交待清楚,请阿弥陀佛保佑。之后庭嘉即开车出门,我自于家中做我的事。

中午刚过不久,我即接到庭嘉电话,说他马上就要回来了。我十分惊讶,问他发生了什么事,因为他出发前明明告诉我要到下午六点钟左右才会返家。

只听他于电话中,紧张地对我说:「到处强风阵阵,我才刚从素里市返回温哥华,正开在12街上。刚才在一号高速公路上有被连根拔起的大树,阻碍了行车流畅,车速十分缓慢,现在好不容易才回到温哥华市区。」

我一听就愣住了。被连根拔起的大树?卑诗省向来以生产林木知名,在这里能称得上大树的,树干都十分粗壮,市区树木粗大者可以一人围抱,这样的树若是被连根拔起,今日风力到底有多强?

因为我们住在温埠市中心区,未感到强风,故不知发生何事。

「好可怕,你这一路开车都没事吧?」我问他。此时他才对我说起,这一路开车发生的两件险事。

第一件事,他刚开车到素里市时,一路见到不少路树倾倒,树叶与树枝掉落满地,已经知道今日风势强大,故车子停靠路边时,即以手臂抵门打开车门,内心念佛。

不料才要下车,就听到后方突然传来一声惨叫,原来是一名白人女子与庭嘉同时开启车门,谁知她的车门立即弹回,重击到她刚伸出车门外的腿,瞬间鲜血淋漓,伤势严重。

由此可见当时风势之强,根本抵档不住,庭嘉能平安下车,实属阿弥陀佛保佑。

女子的丈夫紧张呼叫,立即拨打911,庭嘉见女子丈夫已拨打电话,自己无需帮忙,才行离去。此时庭嘉亦感到寸步难行,风势之强,几乎要将人吹到空中去。

第二件事,庭嘉到达现场,打电话联络约见会面的对方,才知道对方根本未出门:「今日温哥华发生严重风灾,太危险,我不出门了!」

庭嘉听到对方如此回答,只好回到车上,开车回家。行经主要干道一号高速公路不久,即见前方路上有大树倾倒,横卧于道上,眼见前面车辆已开始减速,庭嘉在后方亦减速跟上前车,准备踩停刹车。

此时侧道一辆车子突然打灯要换道,庭嘉本已准备跟上前车,只好急踩刹车让与侧方来车。谁知那辆车才刚换道开到庭嘉前方,突然一根挟带树叶的粗木横空飞来,瞬间击碎前车右侧门玻璃,横插进车内,情势十分惊险。

当时若车上右侧座有人,不死也必定重伤,庆幸右侧座没人。那时车内驾驶立即闪灯,将车滑到路边等待救援。需知当时如果这辆车未打灯换道,取代庭嘉停在前方,那么被粗木击中的,就是庭嘉的车子。

当天车祸事故频繁,如果在高速公路上发生事故,不知要等多久才有拖车来救援,况且当时风势强大,在路旁等待,其实都极其危险。

听到庭嘉告诉我这两则有惊无险的意外后,我很是惊吓,赶紧念佛,心想实在是阿弥陀佛保佑。

当庭嘉平安归家,回到家中看了新闻后才知道,当日温哥华发生严重风灾,他开车前往的素里市正是重灾区之一。此次风灾造成全温哥华与温哥华岛近七十万户停电,许多粗壮大树被连根拔起,众多房屋车辆被砸毁,还有民众被道树砸成重伤,灾情可谓十分严重。

庭嘉开车在平日就事故频发的一号高速公路上将近一个半小时,一路无灾无殃,平安回家,真是阿弥陀佛保佑。

这日还有一件小插曲,庭嘉开车返家时,车上电脑突然闪灯,告知车主轮胎出现问题,但庭嘉开车之时未感有异样,故仍将车开回。

隔日一早庭嘉将车紧急送检,却未查出问题,隔了数日电脑又闪灯警示,再次送检才发现右前轮轮胎破洞,胎压少了二十磅。

这样竟然也可以平安将车从高速公路上开回,第一次送检后未补破洞还驾驶了好几日,这几日我还曾在车上搭乘过几次,非但没事,也未感到不寻常之处,真是阿弥陀佛保佑。

    张庭嘉述净仪居士记
    2015年10月4日


摘录自
念佛感应录(七)