Thursday, July 9, 2020

24A Penyelamatan Buddha di Amerika (Bgn 1)


Kisah Nyata Penyelamatan Buddha Amitabha
24A. Penyelamatan Buddha di Amerika
(Bagian 1)

Orang Tiongkok memiliki pepatah : “Tiap keluarga memuja Buddha Amitabha, tiap rumah memuja Bodhisattva Avalokitesvara.” Hal ini menjelaskan bahwa Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara merupakan bagian penting dari kehidupan rohani Bangsa Tionghoa.

Bahkan bagi umat Buddha yang tidak memahami ajaran sekali-pun, secara tak sengaja maupun saat bercanda juga tahu mengucapkan : “Amituofo.”

Lafalan “Amituofo” telah menjadi salam dan slogan yang tak terpisahkan dari kehidupan umat Buddha Mahayana. Sesungguhnya apa makna dari nama Buddha Amitabha ini? Apa saja manfaatnya? Buddha Sakyamuni membabarkan Aliran Tanah Suci dan melafal Amituofo, apa tujuannya?

Pertama-tama saya ingin menjelaskan terlebih dulu, mengapa tiba-tiba saya bisa mengalihkan perhatian pada lafalan Amituofo.

Akhir tahun 1986, Upasaka Yan dari “Fo Guang Shan Chung Mei Temple-Houston” memberiku sebuah kaset pelafalan Amituofo. Waktu itu kebetulan saya sedang libur dan ada sebuah masalah yang membuatku risau.

Sesungguhnya setelah “beberapa kali” mengikuti retret 10 hari meditasi, kerisauanku sudah banyak berkurang, tetapi kaset lafalan Amituofo ini begitu diputar, kerisauanku langsung pupus sudah, tidak bersisa lagi, hal ini tidak mungkin tidak menyita perhatianku. Lafalan Amituofo membuatku sangat bersukacita.

Awal tahun 1987, saya terinspirasi menyelenggarakan sebuah kelas yang memperkenalkan dasar-dasar Ajaran Buddha. Saat mempersiapkan materi pembelajaran, saya membaca buku-buku ber-Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris, memahami bahwa Amituofo adalah diterjemahkan dari Bahasa Sanskrit artinya “Cahaya Tanpa Batas”, ejaan Bahasa Inggris-nya adalah AMITABHA.

Buddha Amitabha tinggal di Alam Sukhavati di penjuru barat, yang berjarak sepuluh triliun Alam Buddha dari tempat kediaman kita di sini. Tujuan dari ajaran Tanah Suci adalah melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Selama beribu-ribu tahun di Tiongkok ada banyak sekali kisah-kisah mukjizat dari melafal Amituofo, makanya barulah ada pepatah : “Tiap keluarga memuja Buddha Amitabha”.

Ketika kelas pembelajaran dimulai, terlebih dulu saya menjelaskan tentang nama Buddha Amitabha kepada para hadirin, manfaatnya selain dapat mengurai rintangan karma, juga untuk melimpahkan jasa bagi orang hidup dan orang yang telah meninggal dunia, terlahir ke Alam Sukhavati.

Para peserta kelas adalah orang bule, usia mereka berkisar 30-40 tahun, merupakan para kaum intelek. Saat pertama kali mereka mendengar suara kaset lafalan Amituofo, mereka begitu bersukacita, meminta saya merekam kaset ini buat mereka, kisah mukjizat berawal dari sini.

Berikut ini saya cantumkan beberapa kisah mukjizat yang mereka alami.

Salah seorang murid bernama Peter, yang juga merupakan sahabat baik dan rekan kerjaku, lahir di Inggris, memperoleh gelar doktor di bidang teknik listrik di universitas paling terkenal di Inggris. Satu dekade yang lalu dia bekerja di samping Aibert Szent-Gyorgyi. Aibert Szent-Gyorgyi adalah seorang tokoh penemu Vitamin C sehingga memperoleh penghargaan Nobel.

Saya dan Peter pernah bekerja sama selama tiga tahun, akhir tahun silam dia baru datang ke “University of Texas MD Anderson Cancer Center” atau pusat penelitian kanker Universitas Texas dan terlibat dalam sebuah proyek.

Peter memiliki akar kebijaksanaan yang mendalam, alasan mengapa kami dapat bekerjasama dengan kompak adalah kami memiliki pandangan yang sama tentang kehidupan manusia.

Ketika kelas Dharma ini berlangsung hingga minggu ketiga, suatu hari Peter memberitahukan padaku, sudah bertahun-tahun lamanya, pada waktu-waktu sebelum mentari terbit, dalam mimpinya dia sering diganggu makhluk halus.

Sejak mengikuti kelas Dharma, kondisi ini semakin brutal, frekuensi gangguan pun bertambah. Saya beri tahu padanya, makhluk halus itu kalau tidak berjodoh, takkan datang mencari-mu.

Umumnya ada dua sebab : Yang pertama adalah keluarga, kerabat dan sahabat pada masa kelahiran lampau yang jatuh ke Alam Setan Kelaparan atau Neraka, mereka datang memohon pelimpahan jasa padamu. Yang kedua, musuh dari masa kelahiran lampau datang menagih utang. 

Frekuensi gangguan yang kian brutal dikarenakan mereka tahu kamu sekarang telah belajar Ajaran Buddha, melafal Amituofo, dapat melimpahkan jasa kepada mereka. Lain kali kalau ketemu fenomena begini, lafallah Amituofo buat mereka.

Sehari kemudian Peter datang memberitahukan padaku, dini hari sebelum mentari terbit, antara setengah tidur setengah mimpi, dia mulai melafal Amituofo, gangguan segera berhenti.

Setelah melafal Amituofo beberapa waktu kemudian, muncul dua wajah orang di hadapannya dan berkata padanya : Mohon lafalannya jangan dihentikan, kami tidak sanggup melafal keluar suara ini.

Sejak itu dia tidak mendapat gangguan lagi. Kadang kala dia merasakan ada makhluk halus yang memohon dirinya melafal Namo Amituofo. Sekarang setiap kali pergi dan pulang kerja, saat mengemudi mobil, dia akan memutar kaset lafalan Amituofo.

Baca juga :
  


阿弥陀佛在美国
(一)

中国有句俗语:「家家弥陀佛,户户观世音。」说明阿弥陀佛和观世音菩萨在中国人精神生活上的重要。就是对佛教一知半解的人,也会偶然半开玩笑地说句:「阿弥陀佛。」阿弥陀佛几乎是口头禅。到底阿弥陀佛这句名号是什么意思?有什么作用?佛教净土宗念阿弥陀佛是为了什么?

首先让我介绍为什么我会忽然注意到阿弥陀佛。

1986年年底,休士顿佛光山的严居士转交给我一卷五会念佛的录音带,录音带是在台湾录的,念的是南无阿弥陀佛和阿弥陀佛,并配上不同的音调和节拍,据说这种念佛的音调源于唐朝。记得第一次放假的时候,我正在为一件事烦心。老实说,自从经过几次十天止观静坐的训练后,我烦心的事少了很多,所以那是很特殊的一件事,牵连到前世的业缘,奇怪的是念佛声一开始,我的烦恼也烟消雾散,一点痕迹都没有了,这不得不引起我的注意。五会念佛的音调我听了特别喜欢,心中充满喜悦。

1987年年初,由于灵感的启示,我在荣格教育中心开了一门课,介绍佛陀所留下的解脱蓝图——八圣道,同时介绍一些基本的佛教观念。在准备资料时,我参考了中英文各方面的书籍,进一步了解到阿弥陀佛是古印度梵文的音译,意为「无量光」。英文的拼音是AMITABHA;阿弥陀佛这位觉者,居住在离我们十万亿佛土之外的西方极乐世界。净土宗的目的,就是念佛往生阿弥陀佛的西方极乐世界。

几千年来,在中国有很多念阿弥陀佛的感应事例,因此才会有「家家弥陀佛」。乘着在荣格教育中心开班时,我也介绍学生们念南无阿弥陀佛的名号,同时解释古梵文的音与它所代表的相同音波。「无量光」在其他文字也许没有什么作用,但用梵文念阿弥陀佛,效果就特别了,可消业,也可超度死去的人,更可往生极乐世界。来上课的都是西方人,年龄在三、四十岁左右的知识分子,男女都有。他们第一次听到五会念佛就喜欢,要求我转录给他们听,感应的事就从这里开始。以下介绍几则他们的念佛感应故事。

彼得是班上的学生,也是我的好友同事,出生于英国,获得英国最著名大学的电机工程博士学位。过去十年在AibertSzent-Gyorgyi身边工作(Szent-Gyorgyi早年因发现维他命C而获诺贝尔奖。)我们曾合作三年,去年年底他才来德州大学癌症研究中心参加一项工作。他慧根深厚,有不少得知宿世的亲身体会,我们工作上能一拍即合的另一个原因是我们的人生观相同。

在课程进行了三个星期时,有一天他告诉我,好几年以来,在日出之前的一段时间,梦中经常有鬼怪来干扰。自从上我的课后,情况更恶化,干扰的次数也增多。我告诉他,鬼怪如没缘,也不会来找你。通常有两个原因:一是前世的亲友落在饿鬼道或地狱,是来向你求救的;二是宿世冤家找上来了。干扰的情况恶化是因为他们知道你现在学佛了,念阿弥陀佛了,可以超度他们。下次再遇到这情况,替他们念阿弥陀佛。隔了一天彼得来告诉我,清晨日出之前鬼怪又来干扰,在半睡半梦状态中他开始念阿弥陀佛,干扰立刻停止;念了一阵子后,在他的眼前浮现了两个容貌歪曲的面孔向他说:「请不要停,我们发不出这个声音。」自此以后,他不再受到干扰。有时候他感觉到有鬼要求他念南无阿弥陀佛。现在经常上下班开车时,他都会放五会念佛的录音带。